Selamat Datang di Website Resmi Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. "Membangun Desa Sekarwangi yang Agamis dan Harmonis" ---selengkapnya---

Artikel

Pemberian Makanan Tambahan Bagi Balita: Solusi untuk Pemulihan dan Gizi Kurang

22 Juli 2024 06:18:22  Rizki Nugraha  271 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada tahun ini 2024 pemerintah desa Sekarwangi kecamatan Soreang kabupaten Bandung dalam APBDes desa Sekarwangi untuk semester satu atau tahap satu dana desa menganggarkan penanggulangan pencegahan stunting yaitu program PMT Percepatan Pemulihan Stunting, program PMT gizi kurang dan program PMT Bulanan, 

Kepala Desa Sekarwangi Ridwannulloh S.Sos mengatakan pelaksanaan kegiatan PMT Percepatan Pemulihan Stunting dilaksanakan selama 90 hari dengan jumlah balita sebanyak 43 balita dan program PMT balita Gizi kurang dilaksanakan selama 45 hari dengan jumlah 30 balita dan program satu lagi PMT Bulanan dilaksanakan  satu kali dalam sebulan di 14 posyandu selama setahun dengan jumlah balita yang datang ke posyandu sebanyak kurang lebih 425 balita, juga berpesan kepada kader-kader Posyandu, kader pembangunan manusia juga kader PKK selalu dipantau tumbuh kembang balita- balita yang ada di wilayah desa sekarwangi serta menganjurkan berdoa terlebih dahulu sebelum makan dan sesudah makan. Sebab dengan berdoa Allah SWT akan menurunkan keberkahan atas apa yang kita makan. Selain itu, untuk mencegah setan ikut turut serta menyantap makanan kita.

Pemberian makanan tambahan bagi balita usia 6-59 bulan merupakan langkah penting dalam memastikan tumbuh kembang anak secara optimal serta dapat mengatasi masalah kecukupan nutrisi yang terdapat pada stunting dan gizi kurang. Program ini bertujuan untuk menyediakan nutrisi yang diperlukan bagi balita yang mengalami kekurangan gizi atau sedang dalam masa pemulihan (stunting).

Program pemberian makanan tambahan untuk balita usia 6-59 bulan merupakan program yang sudah dianggarkan dan diperhatikan oleh Pemerintahan Desa Sekarwangi khusunya Bapak Kepala Desa Sekarwangi Ridwannulloh, S.Sos serta inisiatif yang dirancang untuk memberikan makanan bergizi tambahan kepada anak-anak dalam rentang usia tersebut yang berada di wilayah Desa Sekarwangi. Makanan tambahan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan balita, serta membantu balita-balita yang mengalami kekurangan gizi akibat berbagai faktor seperti malnutrisi, penyakit, atau kekurangan akses pangan dll.

Pemberian Makanan Tambahan ini melibatkan penyediaan paket makanan bergizi yang dibuat khusus untuk balita, yang memiliki bahan dasar makanan pokok seperti beras, protein nabati dan hewani, sayur mayur, buah-buahan segar kaya vitamin dan susu. Paket makanan disalurkan secara rutin melalui posyandu, dan dibantu oleh kader kader kesehatan lainnya. Penyaluran dilaksanakan dengan mempertimbangkan serta memperhatikan kebutuhan gizi setiap balita atas dasar konsolidasi bersama dengan Puskesmas setempat yang akhirnya melahirkan menu-menu sehat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan ditargetkan kepada keluarga yang memenuhi kriteria tertentu yang diperhatikan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  No.02 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak.

Manfaat dari Pemberian Makanan Tambahan ini sangat terasa untuk balita dan keluarga yang ada di Wilayah Desa Sekarwangi, bentuk perhatian dari Kepala Desa Sekarwangi merupakan sebuah investasi jangka panjang bagi generasi yang akan datang. Bagi balita, makanan tambahan membantu memenuhi kebutuhan gizi pada masa pertumbuhan, memperbaiki status kesehatan, dan mencegah masalah gizi lainnya di masa yang akan datang. Bagi keluarga, program ini mengurangi beban finansial dan memberikan dukungan tambahan dalam merawat anak-anak. Secara keseluruhan, program ini berkontribusi pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. 

Beberapa orang tua dari balita yang menerima manfaat dari Pemberian Makanan Tambahan ini memberikan informasi terkait perubahan positif dalam kebiasaan makan dari anak-anak mereka. "Makanan tambahan ini sangat membantu dalam meningkatkan nafsu makan dan kesehatan anak pada masanya. Kami merasa lebih tenang karena anak-anak mendapatkan gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya," ungkap seorang ibu dari balita penerima manfaat. Testimoni seperti ini menunjukkan dampak nyata dari program dalam kehidupan sehari-hari keluarga peneriman manfaat.

Keberhasilan program pemberian makanan tambahan ini bukan hanya tertuju pada asupan gizi saja, namun kebiasaan,pola asuh, dan faktor lingkungan dapat mempengaruhi juga untuk masa tumbuh kembangnya anak. Bapak Kepala Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung beserta Perangkat Desa berencana untuk terus memantau efektivitas program,memperhatikan distribusi, dan memastikan bahwa Program Pemberian Makanan Tambahan ini bermanfaat. Harapannya adalah untuk mengurangi prevalensi stunting & gizi kurang di wilayah Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung khususnya di Desa Sekarwangi.

Dengan memberikan makanan bergizi, program ini berkontribusi pada perkembangan yang sehat dan kesejahteraan keluarga. Untuk informasi lebih lanjut tentang program pemberian makanan tambahan untuk balita selalu kunjungi situs web kami sekarwangi.desa.id atau hubungi kami melalui desasekarwangi10@gmail.com.

Mari bersama-sama kita tingkatkan gizi dan kesehatan balita di lingkungan kita!

Cegah stunting itu penting! Yuk cegah stunting dengan mengonsumsi asupan zat gizi dan nutrisi yang baik dan cukup untuk tubuh.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Jadwal Shalat


Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Terusan Kopo, Km. 15 No.436, Soreang Bandung
Desa : Sekarwangi
Kecamatan : Soreang
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40922
Telepon : 02258991028
Email : webmail@sekarwangi.desa.id

Wilayah Desa

Info Media Sosial

Statistik Penduduk

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:588
    Kemarin:622
    Total Pengunjung:743.367
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.31.12.41
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel