Selamat Datang di Website Resmi Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. "Membangun Desa Sekarwangi yang Agamis dan Harmonis" ---selengkapnya---

Artikel

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER DESA SEKARWANGI

31 Mei 2022 13:23:11  Rizki Nugraha  65 Kali Dibaca  Berita Desa

sekarwangi.desa.id, Sekarwangi - PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER DESA SEKARWANGI.

Posyandu merupakan program Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat ( UKBM ) yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Adapun tugas dari kader Posyandu melakukan penyuluhan tentang pola asuh balita, agar anak tumbuh sehat, aktif, cerdas dan tanggap. Dalam kegiatan itu, kader bisa memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok. dan demonstrasi (Praktek) dengan orang tua/keluarga balita.

Kader posyandu yang merupakan anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela dilatih untuk menangani masalah-masalah kesehatan perorangan maupun pelayanan posyandu secara rutin.
Kader posyandu tersebut kemudian memiliki tugas antaralain yaitu :

  1. Memberitahukan hari dan jam buka posyandu kepada masyarakat;
  2. Menyiapkan peralatan untuk penyelenggaraan posyandu sebelum pelaksanaan Posyandu (buku catatan, KMS, alat peraga);
  3. Melakukan pendaftaran bayi, balita, ibu hamil, dan ibu usia subur yang hadir di posyandu;
  4. Melakukan penimbangan bayi dan balita;
  5. Mencatat hasil penimbangan pada KMS;
  6. Melakukan penyuluhan perorangan kapada ibu-ibu dimeja IV; dan
  7. Melakukan kunjungan rumah untuk melakukan penyuluhan khususnya pada bumil, ibu yang mempunyai bayi/balita, pasangan usia subur.

Tentunya tidak lupa akan kebermanfaatan adanya Posyandu,yakni mempunyai Tujuan antara lain: Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas. Membudayakan NKBS. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

Pada agenda Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader di Desa Sekarwangi mempunyai 2 tematik dan 2 narasumber yang berbeda, tentunya fokus pembahasan yang ditanganipun berbeda agar peserta/audience banyak menyerap serta menerima ilmu dan informasi terkait Gizi dengan pembicara dari Puskesmas Kecamatan Soreang yaitu Ibu Iksi selaku petugas, dan Dasawisma dengan pembicara dari TP PKK Kecamatan Soreang yaitu, Ibu Sugih Sulastri, S.Sos sebagai petugas (Sekretaris TP PKK Kec.Soreang).

Diikuti oleh seluruh Kader Desa Sekarwangi sebagai peserta kegiatan tersebut, diharapkan mampu melaksanakan tugas kemasyarakatan dan menyelesaikan masalah adri segi informasi (data) dan Penyuluhan untuk dapat menekan angka kekurangan gizi, serta lebih terampil dalam menjalankan tugas.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Jadwal Shalat


Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Terusan Kopo, Km. 15 No.436, Soreang Bandung
Desa : Sekarwangi
Kecamatan : Soreang
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40922
Telepon : 02258991028
Email : webmail@sekarwangi.desa.id

Wilayah Desa

Info Media Sosial

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:544
    Kemarin:762
    Total Pengunjung:532.960
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.131.238
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel